PENDAHULUAN
Istilah telematika dari segi hukum adalah
perkembangan sistem elektronik berbasis digital antara teknologi informasi dan
media yang awalnya masing-masing berkembang secara terpisah. Terdapat banyak
sekali pendapat mengenai pemahaman definisi dari istilah telematika, namun
dapat diambil kesimpulan bahwa dalam perkembangan layanan teknologi telematia
ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmini energi elektromagnetik,
sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan,
menurut keperluan sampai ke seluruh dunia.
Hal ini menegaskan bahwa jarak geografis tidak lagi
menjadi faktor penghambat dalam hubungan antara manusia atau antar lembaga
usaha. Berbagai informasi dapat diakses dengan mudah sekaligus cepat. Setiap
perkembangan dapat diikuti dimanapun berada. Zaman informasi yang sudah
berkembang sedemikian rupa seperti sekarang ini, hanya mungkin dengan adanya
dukungan teknologi. Teknologi inilah yang menyampaikan beragam dan banyak
informasi. Teknologi telematika telah berkembang sehingga mampu menyampaikan atau
mentransfer sejumlah besar informasi.
TEORI
Pengertian Teknologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk
menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan
hidup manusia. Teknologi telah
memengaruhi masyarakat
dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi
telah membantu memperbaiki ekonomi
(termasuk ekonomi global masa kini) dan telah
memungkinkan bertambahnya kaum senggang.
Pengertian
Telematika
Merupakan bertemunya sistem jaringan komunikasi
dengan teknologi informasi. Telematika, yang merupakan kepanjangan dari
telekomunikasi dan informatika, merupakan suatu sarana komunikasi jarak jauh
dengan menggunakan media elektromagnetik untuk mengirimkan atau menerima suatu
informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya. Berdasarkan definisi dari
telematika barusan, maka dapat diambil contoh teknologi-teknologi yang termasuk
kedalam telematika.
Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun
1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’informatisation de la
Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis
telematique merupakan gabungan dua kata: telekomunikasi dan informatika.
Telekomunikasi sendiri mempunyai pengertian sebagai teknik pengiriman pesan,
dari suatu tempat ke tempat lain, dan biasanya berlangsung secara dua arah.
‘Telekomunikasi’ mencakup semua bentuk komunikasi jarak jauh, termasuk radio,
telegraf/ telex, televisi, telepon, fax, dan komunikasi data melalui jaringan
komputer. Sedangkan pengertian Informatika (Inggris: Informatics) mencakup
struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk
mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta
menampilkannya dalam bentuk informasi. Jadi pengertian Telematika sendiri lebih
mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam
sistem telekomunikasi.
Contoh
Teknologi Telematika
1. Berdasarkan
Layanan Telematika Di Bidang Transportasi
Telematika transportasi adalah cabang teknologi yang
mengintegrasikan telekomunikasi dan software engineering di bidang sistem
transportasi. Saat ini bidang ini telah memainkan peran penting dalam
manajemen efektif jaringan infrastruktur transportasi dan menyediakan
kolaborasi optimum antara berbagai jenis tipe transportasi, atau yang dikenal
dengan transportasi multimodal (multimodal transport).
TOYOTA merupakan salah satu contoh yang menerapkan
layanan telematika di bidang transportasi di Indonesia. Semakin tingginya
mobilitas masyarakat, terutama di wilayah perkotaan, membutuhkan layanan
penunjang yang mampu membantu masyarakat untuk sampai ke tujuannya dalam waktu
singkat. Toyota melihat peluang ini dengan mengembangkan layanan telematika. Telematika
(telekomunikasi dan teknologi satelit) akan menjadi bagian dari gaya hidup
berkendara di abad 21 yang harus difasilitasi.
Selain itu, Toyota juga memiliki layanan navigasi
yang menggandeng perusahaan pemetaan Tele Atlas. Informasi dan peta lengkap
dengan 13.000 lokasi-lokasi penting, mulai hotel, rumah sakit, hingga dealer
Toyota sudah terekam. Saat ini peta tersebut sudah meng-cover wilayah Pulau
Jawa dan Bali. Pada September 2008, layanan peta akan menjangkau mencapai
Sumatra.
Toyota juga mengembangkan perangkat keras dan
Graphics User Interface (GUI) yang didesain secara khusus. Dengan layanan
Toyota Genuine Accesories (TGA). Toyota juga mempermudah pengguna Toyota
Navigation dengan memberikan update perangkat lunak tanpa dikenai biaya.
Toyota melengkapi layanan telematikanya dengan
layanan Mobile Reward Exchange (MORE) yang dirancang dalam mobile platform
untuk pengguna telepon seluler. Bagi konsumen yang mengikuti MORE akan mendapat
informasi seputar M-Toyota dan info program.
2. Berdasarkan
Layanan Telematika Di Bidang Komunikasi
Yang termasuk dalam layanan telematika di bidang
komunikasi adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang
didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri
merupakan salah satu contoh telematika.
Contoh lainnya, sekarang semua orang sudah mempunyai
handphone, dan semakin hari semakin pesat perkembangan teknologinya, dan
semakin memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan informasi secara langsung
baik itu dari sms maupun push email yg lagi booming-nya di Indonesia akibat
pasar handphone blackberry atau sekedar browsing dengan menggunakan wifi
ataupun WAP.
Selain itu, layanan video conference merupakan
layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time. Teknologi
yang digunakan untuk layanan video conference komersial pada awalnya
dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch Digital Network) dengan
standar H.320. Secara fungsional, elemen pendukung layanan video conference terdiri
dari:
*
Terminal video
conference atau endpoint video conference, adalah perangkat yang berada di sisi
pengguna video conference.
*
MCU (Multipoint
Conference Unit), adalah semacam server yang berfungsi sebagai pengendali
konferensi yang melibatkan banyak pengguna dan banyak sesi konferensi.
*
Gateway dan gatekeeper
adalah media yang melakukan proses adaptasi komunikasi video conference
berbasis ISDN ke IP dan sebaliknya.
PEMBAHASAN
Jadi dengan adanya teknologi telematika sekarang ini,
dapat membantu pekerjaan seseorang dalam berkomunikasi dengan efisien waktu dan
biaya. Dalam contoh tersebut juga diterapkan pelayanan telematika di
bidang transportasi di Indonesia, dengan
semakin tingginya mobilitas masyarakat, terutama di
wilayah perkotaan ini
membutuhkan layanan penunjang yang mampu membantu masyarakat untuk sampai ke
tujuannya dalam waktu singkat. Begitu juga
dengan pelayanan di bidang komunikasi. Dengan adanya internet yang semakin maju
ini, penggunaan perangkat smartphone telah banyak menggunakannya untuk mencari
dan mendapatkan informasi yang dibutuhkannya dengan cepat, sehingga dalam
perkembangan yang sangat pesat ini, teknologi telematika dapat menghasilkan
berbagai pola pikir terhadap masyarakat dalam berbagi informasi secara realtime.
REFERENSI
Sumber :
1.
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
2.
http://livinginthesmallworld.blogspot.com/2013/09/telematika.html
3.
http://teknologitelematika.blogspot.com/2010/01/contoh-contoh-teknologi-telematika.html
No comments:
Post a Comment