Tab

Saturday, December 8, 2012

Koordinator Flashmob Glee

Kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman pertama saya, menjadi koordinator flashmob Glee.



Flashmob sendiri merupakan sebuah acara dance dadakan yang dilakukan disuatu tempat, yang orang-orang sekitar tempat tersebut tidak mengetahui kalau ada acara ini, sedangkan Glee merupakan salah satu tv drama West Coast, yang bergenre musical, yang mengcover lagu-lagu baru maupun lama, yang suara para pemainnya benar-benar bagus sekali. Kemudian orang-orang yang menyukai drama tersebut dipanggil gleeks. Ceritanya bisa menjadi koordinator tersebut, saya waktu itu ikut-ikutan komentar chat di www.gleekindonesia.com. Kemudian salah satu gleeks tersebut membuat gathering bersama di daerah Senayan. Saya berkenalan lewat sms dengan Putri Tan, yang sudah begabung dari awal. Waktu itu sudah melakukan flashmob pertama yang diadakan didaerah PIM, tetapi saya tidak bisa ikut gabung menjadi flashmobers dikarenakan jadwal kuliah yang padat. 

Kemudian saya terus kunjungi situs tersebut, dan melihat ada pengumuman bahwa akan diadakan flashmob glee yang ke-2. Lalu saya daftarkan diri untuk menjadi flashmobers. Karena flashmob tersebut diadakan per region yang membutuhkan beberapa orang yang mau menjadi koor, saya dihubungi ole Putri untuk menjadi koor di region Bekasi. Lalu saya menyetujuinya, karena tidak terlalu sibuk dengan kuliah. Kemudian saya mencari orang lagi yang sudah terdaftar di region bekasi, dan menanyakan ada yang mau menjadi koor bekasi apa tidak, untungnya ada yang mau, pertama cuma Fajar, lalu dia ajak temannya Helmi. Setelah itu kita bertiga janjian ketemuan di halte Bekasi Barat untuk pergi ke stadion Senayan bersama, untuk mendapatkan pelatihan gerakan-gerakan dance yang nantinya kita akan mengajari para flashmobers di Region Bekasi. Dan untuk daftar kontak para koor tersebut waktu itu, bisa dilihat pada flayer dibawah ini :


Kemudian hari pertama buat latihan bersama di Bekasi dimulai. Oia, yang menjadi koor disini sudah bertambah, lengkapnya ada Putri, Erna, Fajar, Helmi, Sheila, Moe,dan saya sendiri. Lokasi yang saya pakai waktu itu buat latihan di stadion Bekasi, lalu kita kumpulkan orang-orang yang sudah datang. Setelah banyak yang datang, kita mulai latihan tersebut (belum benar-benar dimulai seh). Sebenarnya waktu itu saya juga masih malu-malu untuk memulainya, karena tidak tau harus ngapain aja. Lalu saya menunggu sebentar kedatangannya Putri dan acara pun dimulai dengan peralatan yang ada yaitu speaker portable untu musiknya. 

Setelah mengajari gerakan-gerakannya, kita lihat satu-satu gerakan para flashmobers, masih ada yang belum bisa apa belum, lalu kita ajarkan lagi gerakannya sampai bisa. Setelah selesai, kita absen satu-satu untuk mengetahui jumlah yang datang. Begini latihan yang kami lakukan selama 1 bulan setiap seminggu sekali, sehingga lama-lama kita menjadi akrab sekali, terutama sama yang sering datang terus latihannya (mungkin akan saya buatkan cerita bersama mereka di blog ini). Sebenarnya banyak banget rintangan yang kami hadapi, sehingga hampir saja batal acara tersebut, dikarenakan sponsor yang masih belum jelas waktu itu, surat izin untuk tempat acara dll. Untunglah semua itu sudah terurus dengan baik, dan kita mendapatkan info tentang tanggal dan tempat acara tersebut yang telah kita tunggu selama sebulanan lebih.

Pada akhirnya, hari H-nya pun telah tiba. Untuk para flashmobers yang memiliki waktu luang, diharapkan datang pagi-pagi sekali di EX, Plaza Indonesia, Jakarta untuk melakukan latihan bersama sebelum pementasan. Pada waktu itu saya tidak ikut latihan yang pagi, karena siangnya saya ada ujian utama. Tapi saya sempatkan diri untuk datang setelah ujian selesai, dan saya hanya bisa ikut 2 kali, yang waktu itu dilakukan sampai 3 kali penampilan.

Kesan saya selama menjadi koordinator disini, benar-benar sebuah pengalaman baru yang saya ikuti, karena berani mengambil langkah untuk bisa berkenalan dengan teman-teman baru, apalagi yang sesama pecinta glee, dan ada juga suka dukanya dalam menjalani tugas ini. Sekian cerita yang bisa saya sampaikan tentang pengalaman menjadi koordinator flashmob glee, semoga selanjutnya bisa menampilkan lagi acara tersebut dan lebih sukses lagi. :D

Video acaranya :





No comments:

Post a Comment