Tab

Tuesday, October 23, 2012

Fase Perjalanan Hidup Kamu & Cara Menghadapinya


Sumber :



Memang setiap manusia di dunia ini, akan mengalami fase-fase yang dijabarkan pada artikel tersebut. Pada fase ke-1, semua kebutuhan dan fasilitas kita benar-benar disediakan oleh orang tua kita (jika mampu), maka dari itu, untuk masa muda kita, jalanin hidup sesuka kita, tapi dengan tindakan yang positif, bukan negatif, dan menjalani fase-fase berikutnya.


Untuk fase ke-2 ini, kita sudah harus bisa mengurusi kebutuhan kita sendiri, terutama kalau kita sudah cukup umur untuk mencari pekerjaan, sehingga kebutuhan kita sehari-hari tercukupi, dan belajar juga untuk menabung, saat kita gajian di awal bulan. Jangan hanya niat saja untuk nabungnya, tapi buktikan dengan menyisihkan sebagian dari gaji kita, jangan menunggu ada sisa dari gaji tersebut, hal yang sudah dialami orang-orang biasanya kalau menunggu ada sisa, sehingga saat mau ditabung, uang yang ada tidak cukup. Kemudian buat juga tabungan khusus untuk keadaan darurat, dan kalau bisa jangan sampai dipakai dengan hal-hal yang tidak mendesak. Sehingga kita sudah bisa mengkontrol keuangan kita sendiri.

untuk fase ke-3 ini, kita sudah harus mengurusi kebutuhan orang lain, yaitu suami/istri, dan anak kita. Disini kita juga harus belajar, bagaimana cara  membagi dana dari gaji kita, untuk keperluan pribadi, keseharian, dan untuk membelikan mainan untuk anak. Jadi, kita yang sudah menjadi orang tua harus bisa mengalah untuk keluarga kita, jangan hanya memikirkan diri sendiri, dan kita  harus belajar  juga bertanggung jawab untuk keluarga, sehingga bisa membahagiakan hidup mereka.

Lalu pada fase ke-4 ini, semoga saja saat kita tua nanti, anak-anak kita mau merawat kita yang sudah tua ini dengan ikhlas dan sabar.

Sekian tulisan yang bisa saya buat ini.

No comments:

Post a Comment