Tab

Monday, April 22, 2013

Bahasa Indonesia di Luar Negeri

BAB I
PENDAHULUAN



 1.1 Latar Belakang 
Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa. Bahasa pengantar yang biasa kita gunakan baik dalam acara resmi maupun tidak resmi yang merupakan ciri bangsa Indonesia. Seiring perkembangan zaman, bahasa Indonesia banyak mengadopsi istilah – istilah asing guna memperkaya perbendaharaan bahasa Indonesia tanpa mengurangi kekhasan bahasa Indonesia. Dengan perubahan yang terjadi dimasa sekarang ini, masyarakat sudah melupakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan dianggap kurang menarik untuk mempelajari lebih dalam tentang Bahasa Indonesia, dan lebih tertarik untuk belajar bahasa asing.

 Ada juga beberapa orang yang masih menganggap kalau Bahasa Indonesia itu tidak 'keren', dengan artian mereka lebih senang dengan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Perancis dan lain-lain. Padahal, dasar  untuk paham bahasa asing tersebut, tidak lain dan tidak bukan adalah bahasa indonesia sendiri. Untuk mengerti satu kalimat dalam bahasa Inggris saja, kita harus menyusun terlebih dahulu bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tetapi, lain halnya yang terjadi diluar negeri. Bahasa Indonesia sangat terkenal dan diminati untuk dipelajari didunia.  

1.2 Ruang Lingkup
      Pada  penulisan ini, penulis hanya memfokuskan tentang perkembangan Bahasa Indonesia di luar negeri. 

 1.3 Tujuan
       Tujuan dari penulisan ini, penulis ingin menyampaikan bahwa bukan hanya masyarakat Indonesia saja yang mempelajari Bahasa Indonesia, tetapi negara lain juga tertarik terhadap bahasa kita ini. 

1.4 Metode Penulisan
      Dalam metode penulisan ini, penulis menjelaskan tentang perkembangan Bahasa Indonesia yang terjadi di luar negeri dengan mencari informasi di internet untuk penambahan penulisan ini.

1.5 Sistematika Penulisan

       BAB I    PENDAHULUAN
       Bab ini menjelaskan tentang latar belakang penulisan ilmiah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan yang berkaitan dengan pokok pembahasan.
 
       BAB II   PEMBAHASAN
       Bab  ini menjelaskan mengenai perkembangan Bahasa Indonesia yang terjadi di luar negeri.
                              
       BAB III  PENUTUP
       Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari pembahasan sebelumnya.



BAB II
PEMBAHASAN




Perkembangan Bahasa Indonesia di Luar Negeri

Dalam penulisan ini, penulis akan membahas tentang perkembangan bahasa tanah air kita, yaitu Bahasa Indonesia di luar negeri. Bahasa Indonesia yang sebagaimana kita tahu adalah bahasa yang kita gunakan sehari-hari, dari kita belajar menulis dan mulai bisa berbicara. Setiap warga negara Indonesia yang berdomisili di wilayah Indonesia, pasti mengerti dengan Bahasa Indonesia. Apalagi di Ibu Kota Jakarta, bahkan karena begitu akrabnya warga Jakarta dengan Bahasa Indonesia, sampai-sampai anak-anak muda Indonesia mengembangkan sendiri Bahasa Indonesia menjadi sebuah bahasa yang "mungkin"  hanya dimengerti oleh anak-anak seusia mereka saja, dan ada beberapa orang yang masih menganggap kalau Bahasa Indonesia itu tidak "keren", dengan artian mereka lebih senang dengan bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Perancis, dan lain-lain. Padahal, dasar mereka untuk memahami bahasa asing tersebut tidak lain adalah Bahasa Indonesia sendiri. Untuk mengerti satu kalimat dalam Bahasa inggris saja, kita harus menyusun terlebih dahulu Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Berbeda dengan di Indonesia, pengajaran Bahasa Indonesia di luar negeri sangat disambut baik, setidaknya saat ini terdapat sekitar 219 lembaga di dunia yang mengajarkan bahasa Indonesia untuk penutur asing di 73 negara. Bahasa Indonesia terbanyak yang diminati terdapat di Jepang, Australia, Amerika Serikat, Italia, Vietnam, dan lain-lain. Lembaga tersebut umumnya tempat kursus, universitas, sekolah dan sekolah Indonesia di luar negeri. Hal ini membuat Bahasa Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 besar, bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Di universitas, tenaga pengajar itu dibutuhkan oleh program studi linguistik, budaya, studi tentang Asia, atau studi tentang Indonesia. Banyaknya permintaaan itu, tergantung pula dari kerja sama Indonesia dengan negara-negara lain. Pembelajaran bahasa tersebut diminati orang luar negeri yang akan bekerja, belajar, atau mengunjungi Indonesia. Selain itu, Bahasa Indonesia juga dibutuhkan untuk mereka yang mempelajari budaya atau sosial di Indonesia.

Adapun negara-negara di berbagai benua yang mempelajari Bahasa Indonesia, yaitu :

  • Benua Australia 
          Perlu kita akui, Bahasa Indonesia memang semakin banyak diminati oleh warga di dunia. Di Australia sendiri, Bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan Bahasa Indoensia merupakan bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar, belum lagi jumlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan bahasa atau sastra Indonesia. Jadi tidak heran bila di Australia kita menemukan anak-anak SD disana yang menyapa kita dengan sapaan khas orang Indonesia yaitu "Selamat pagi, apa kabar ?".
  • Benua Afrika
          Sementara untuk dibenua Afrika, di negara Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan Bahasa Indonesia. Di negara yang paling pertama mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia itu baru saja dibangun Pusat Studi Indonesia yang berada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.. 
  • Benua Eropa
          Beralih kita ke benua Eropa, ada Italia yang juga memiliki minat mendalam terhadap Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari jumlah klub sepakbola asal negara tersebut yang telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa tanah air yang disebut-sebut sebagai bahasa tersulit ke tiga di Asia. Sejauh ini ada tiga klub Italia yang memiliki situs dalam Bahasa Indonesia yaitu Juventus, Intermilan, dan AC Milan.
  • Benua Asia 
          Untuk di benua Asia sendiri, kita menemukan negara yang tertarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia yaitu Jepang dan Vietnam. Di Jepang yang terbilang sebagai negara yang juga intens mendalami Bahasa Indonesia ini telah lama mendirikan pusat-pusat studi Indonesia. Salah satunya yang didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969. Angota organisasi ini terdiri dari kalangan akademis Jepang yang mengajar bahasa dan berbagai aspek tentang Indonesia di berbagai Universitas di Jepang. Sejak tahun 1992, organisasi ini mulai melakukan ujian kemampuan Bahasa Indonesia. Hingga kini tercatat lebih dari 12.500 peserta yang mengikuti tes kemampuan berbahasa Indonesia dalam berbagai level atau tingkatan.

        Selain itu, di Vietnam juga merupakan negara yang menghargai Bahasa Indonesia, dan posisi Bahasa Indonesia disana sejajar dengan Bahasa Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan. Bahkan sejak akhir 2007, pemerintah daerah Ho Chi Minh City menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua setelah bahasa Vietnam.



BAB III
PENUTUP



Kesimpulan 
Jadi, dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Bahasa Indonesia itu tidak hanya penting di Indonesia, diluar negeri pun Bahasa Indonesia sangat populer dan tidak kalah masyrakat disana untuk mendalami Bahasa Indonesia.

Saran 
Saran untuk kita semua dari penulisan ini, kita sebagai warga negara Indonesia yang memiliki Bahasa Indonesia jangan sampai tertinggal jauh dengan diluar negeri. Negara lain saja tertarik untuk mempelajari bahasa kita ini. Untuk itu buat generasi berikutnya harus benar-benar berusaha atau tertarik lebih dalam mengenai Bahasa Indonesia, sehingga buat kedepannya untuk pembelajaran Bahasa Indonesia tidak lagi membosankan, melainkan menarik untuk kita pelajari.

1 comment:

  1. Assalamu'alaikum...Mohon Maaf nie mengganggu,saya bleh minta tlong ga,klo boleh saya mau minta artikel/Makalah tentang pembelajaran/perkembangan Bahasa Indonesia di Luar Negri,klo bsa dalam bentuk Makalah..klo kmu tdak kberatan sya minta bantuan'y utk d kirim k Email sya(asepsaepullah29@gmail.com)
    (Terima Kasih).

    ReplyDelete
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!